komputer
SELAMAT DATANG DI INFOKOM TERKINI, SEMOGA ANDA SENANG TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI, JANGAN LUPA KEMBALI LAGI YA....!!! JIKA ADA KEKURANGAN/KEKELIRUAN MENGENAI TULISAN SAYA MOHON DISAMPAIKAN MELALUI ALAMAT E-MAIL (infokomterkini@gmail.com) TERIMA KASIH. PARTISIPASI DAN SARAN DARI ANDA SANGAT SAYA HARAPKAN UNTUK MEMBANGUN SEBUAH WEB YANG DAPAT BERMANFAAT BAGI KAWAN-KAWAN.

PERBANDINGAN OS (Operating System) WINDOWS & LINUX



     Beberapa ulasan tentang OS (Operating System). Sistem Operasi atau operating system ( OS ) merupakan perangkat lunak  yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operas-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.

Sistem Operasi sacara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory.
  2. Kernel, yaitu init dari sebuah Sistem Operasi.
  3. Command Interpreter atau Shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Perbandingan OS Windows dengan OS Linux:

Instalasi
         Tahap instalasi pada Windows bisa dibilang cukup mudah, kita hanya mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan Windows dalam setup wizardnya.
Berbeda dengan Linux, jika kita tidak mengerti/ mengetahui sama sekali tentang Linux kita akan kesulitan dalam prosen instalsinya. Karena pada Linux versi terdahulu hanya disediakan commad line, namun pada perkembangannya Linux telah menyediakan interface yang memudahkan para user untuk melakukan proses instalasi. Namun masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam proses instalasi Linux, dikarenakan ketidaktahuannya mengenai Linux sebab Linux masih jarang digunakan.

User Interface
         Di Windows, kita tidak banyak memilki pilihan user interface. Contohnya, di Windows 95/98 kita hanya mengenal user interface bawaan 95/98. Jika menggunakan Windows XP, kita bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.
Di Linux, kita bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat kita sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja. Misalnya, pada komputer yang lambat kita bisa menggunakan user interface yang ringan seperti XFCE atau Fluxbox.

Security dan Virus
         Salah satu masalh utama pada Windows yang paling sering kita temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin menurun persentasenya tetapi malah semakin meningkat. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat security lebih kuat. Itu sebabnya tidak banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang bisak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar.
Sekalipun tidak sepenting di Windows, kita tetap bisa menemukan program-program anti virus di Linux, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menuStart> Application> FileTools> KlamAV.

Konfigurasi Sistem
         Windows dikenal dalam pengoperasiannya yang mudah, karena hampir semua hal isa dilakukan dengan sistem point n’click yang usdah berbasis grafis.
Di Linux, kita sering mendengar perlunya menpelajari perintah-perintah secara manual di command line. Itu benar adanya, tetapi belakangan ini Linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hampir semua hal juga bisa kia lakukan sama mudanya seperti Windows.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PERBANDINGAN OS (Operating System) WINDOWS & LINUX"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top