komputer
SELAMAT DATANG DI INFOKOM TERKINI, SEMOGA ANDA SENANG TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI, JANGAN LUPA KEMBALI LAGI YA....!!! JIKA ADA KEKURANGAN/KEKELIRUAN MENGENAI TULISAN SAYA MOHON DISAMPAIKAN MELALUI ALAMAT E-MAIL (infokomterkini@gmail.com) TERIMA KASIH. PARTISIPASI DAN SARAN DARI ANDA SANGAT SAYA HARAPKAN UNTUK MEMBANGUN SEBUAH WEB YANG DAPAT BERMANFAAT BAGI KAWAN-KAWAN.

Suka Duka Umat Hindu Di Desa Tanahmpulu




Om Swastyastu.

Saya Kadek Suastika, dengan bloger ini, saya ingin memperkenalkan pada saudara sekalian bahwa di desa Tanahmpulu terdapat sebuah komplek Umat Hindu Bali. Desa ini merupakan kampung bali  terdekat dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Jaraknya sekitar 77 km dari kota Palu. Di desa ini penduduk yang beragama Hindu berkisar 30 KK (Kepala Keluarga). Disini juga sudah terdapat PURA yang mana diberi nama PURA GIRIWINANGUN.


Dalam tahap membangun, Umat Hindu desa tanahmpulu, yang terletak dikecamatan Banawa Selatan, kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja secara gotong royong untuk menata PURA yang dibangun didesa tersebut agar nampak lebih Indah dan tertata dengan rapi.

Walaupun banyak rintangan dan halangan, tidak menyurutkan niat masyarakat disana untuk bekerja demi kepentingan bersama. Masyarakat yang beragama Hindu didesa ini, Mayoritas berasal dari Kerangasem Seraya. Dan selain itu juga ada yang berasal dari Gianyar (tedung), tabanan, sanding, klungkung, dll.

Walaupun penduduknya sangat minim, namun persatuan didesa ini begitu kuat.
Seperti halnya menggali lubang yang akan dijadikan sebagai Penyengker (pagar) yang berada dilingkungan PURA GIRIWINAGUN.

kelihatannya santai, tapi sesungguhnya berat.
Untuk pembuatan penyengker ini sesungguhnya umat Hindu disini masih kekurangan dana, sehingga kemungkinan untuk proses pengerjaannya, dilakukan secara bertahap.
Untuk pembuatan pondasinya saja, umat Hindu didesa tanahmpulu ini harus mencari batu dan pasir sendiri. Setiap Kepala Keluarga, harus mengumpulkan dan membawanya ke PURA sebanyak 3 kubik.

Agar bangunan ini cepat selesai, Umat Hindu didesa tanahmpulu ini, harus meninggalkan kepentingan pribadi mereka, seperti merawat tanaman mereka selama beberapa hari. Masyarakat didesa ini mayoritas Petani Kakao (cokelat).
Selain Penghasilan mereka yang akhir-akhir ini menurun, mereka harus rela meluangkan waktu mereka demi kepentingan Umum. Suka dan Duka bercampur menjadi satu, menyelimuti umat Hindu didesa ini.


Persatuan adalah modal utama


Pada Saat itu juga banyak terdapat kejadian-kejadian lucu........ misalnya kejadian yang satu ini.


tingkah lucu membuat orang lain terjatuh
karena isengnya orang lain harus jadi korban
bekerja sambil menghibur


Walaupun tingkah laku umat hindu disini agak sedikit kocak, namun mereka tetap bekerja dengan sungguh-sungguh. 


 
bekerja terus agar cepat selesai
bekerja untuk kemajuan desa

 Om Shanty Shanty Shanty Om
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Suka Duka Umat Hindu Di Desa Tanahmpulu"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top